Jan 10, 2011

Ogoh - Ogoh

Share on :

 
Ogoh-ogoh, yakni boneka raksasa menyeramkan sebagai simbol 'Butha Kala' (roh jahat).Ogoh-ogoh dilakukan Sehari sebelum Nyepi yakni saat Pengrupukan, pada petang harinya, Ogoh-ogoh yaitu boneka-boneka raksasa berujud butha kala sebagai bagian yang tidak terpisahkan dengan Hari Raya Nyepi diarak oleh masyarakat dari berbagai banjar dengan berkeliling kota maupun desa. Selanjutnya Ogoh-ogoh itu pun dibawa ke kuburan dan dibakar atau dilebur dengan prosesi upacara khusus. Ogoh-ogoh itu adalah simbolisme. Dengan dileburnya sifat – sifat raksasa yang disimbolkan dengan pembakaran terhadap ogoh-ogoh itu, maka secara simbolis dunia telah dibersihkan. Ogoh-ogoh di sisi lain juga merupakan perwujudan dalam pemupukan jiwa seni dengan berbagai simbolis. Pada umumnya ogoh-ogoh itu dicirikan sebagai bhuta kala jadi kreasi ini kreasi masyarakat ya termasuk budayalah nantinya barangkali kalau terus berlansung kan gitu, ini maksudnya adalah untuk memusnahkan bhuta kala itu jadi bagaimana itu diarak dan pada akhirnya pada umunya itu akan dibakar dalam artian ingin memusnahkan bhuta kala secara riil kita lihat oleh karena itu pada umunya ogoh-ogoh itu dibuat seperti jenis-jenis kala.

Artikel Terkait

9 komentar:

  1. Serem klo ketemu malam,tapi menarik untuk diketahui.Lagian boneka ogoh-ogoh warisan budaya kita.
    Nice share kawan,makasih dah sharing.

    ReplyDelete
  2. hahahahaha.. teringat 3 tahun yang lalu saat saya kerja di Bali,, saya sempat ikut parade ogoh ogoh,karena temen saya banyak yg dari bali,,, asyik juga loh walaupun melelahkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya kenangan d bali ya sob...:D
      mang d daerah mana dl tnggal Sob..?
      kpn2 kl k denpasar lg mampir k tmpt saya sob...:D

      Delete
  3. Ough iyach sobbb..

    Ini ogoh2 sejenis hantu khannn...??

    ReplyDelete
  4. Kenal pertama kali ogah-ogoh di salah satu stasiun TV Indonesia ketika marak korupsi Angelina Sondackh.
    Lebih mengetahui lagi ketika membaca sepenuhnya artikel ogoh-ogoh disini.
    Nice share kawan,maksih sudah berbagi.

    ReplyDelete
  5. baru dengar gan ogoh-ogoh..makasih infonya

    ReplyDelete
  6. makasih banyak ya gan buat infonya...

    ReplyDelete

Komentar Anda sangat bermanfaat untuk perkembangan Blog ini. dan jangan tinggalkan spam atau link hidup. Terima Kasih!!!

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner